4 Langkah Pengobatan Jerawat Alami Untuk Dicoba!

Jerawat adalah suatu kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang disebut dengan postula. Postula ini dapat pecah dan membentuk lesi (bekas jerawat) pada permukaan kulit. Masalah jerawat bisa terjadi karena kelenjar sebaceous memproduksi terlalu banyak sebum (minyak alami), ini penyebab jerawat yang paling umum dialami oleh remaja.

Kelebihan sebum inilah yang membuat pori-pori kulit tersumbat dan mengakibatkan postula berkembang. Berhubungan dengan hal tersebut, selain menggunakan aneka obat jerawat yang banyak beredar, anda juga dapat memanfaatkan aneka bahan alami yang ada di sekitar anda untuk mengatasinya. Salah satunya adalah resep pengobatan jerawat alami yang akan dijelaskan dibawah ini.

resep pengobatan jerawat alami

Hal Yang Diperlukan Untuk Mengobati Jerawat

Sebelum melakukan pengobatan jerawat alami berikut ini, ada beberapa hal yang harus anda persiapkan sebelumnya, yaitu:
  • Jeruk nipis
  • Bawang putih
  • Minyak tea tree
  • Madu
  • Pisau
  • Mangkuk
  • Washlap / lap handuk
  • Gelas ukur
  • Air

Langkah-Langkah Cara Mengobati Jerawat


Langkah 1

Potong jeruk nipis menjadi dua bagian dan peras untuk diambil airnya. Taruh air perasan jeruk nipis dalam mangkuk dan tambahkan air secukupnya untuk mengurangi kepekatannya. Rendam washlap dalam mangkuk, peras untuk mengurangi kelebihan air agar tidak menetes, lalu tempelkan washlap pada kulit wajah selama beberapa menit.

Langkah 2

Kupas 1 siung bawang putih, lalu potong bawang putih secara memanjang menjadi 2 bagian. Oleskan bagian dalam bawang putih pada jerawat di kulit wajah anda. Biarkan selama tidak lebih dari 10 menit. Penting untuk diperhatikan agar tidak lebih dari 10 menit karena bawang putih bisa mengiritasi kulit jika terlalu lama dipaparkan. Fungsi dari bawang putih ini adalah sebagai antiseptik dan desinfektan yang akan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Langkah 3

Campurkan sedikit minyak tea tree dengan air (perbandingan 1 : 19). Lalu usapkan larutan tersebut pada bagian kulit yang berminyak dan banyak ditumbuhi jerawat. Fungsi dari larutan minyak tea tree ini adalah untuk mengurangi kelebihan minyak pada kulit wajah.

Langkah 4

Setelah semua langkah diatas selesai, maka sebagai langkah terakhir adalah mengoleskan madu secara merata pada kulit wajah. Jangan terlalu banyak saat mengoleskannya, cukup tipis-tipis saja. Biarkan madu tersebut agak lama hingga mengering, lalu bersihkan dengan air hangat dan sabun muka yang lembut.

Fungsi dari madu ini adalah sebagai agen pengelupasan kulit alami yang akan menyingkirkan sel-sel kulit mati pada kulit wajah. Selain untuk memperkecil kemungkinan pori-pori kulit menjadi tersumbat, hal ini juga akan membuat kulit wajah menjadi lebih cerah.

0 Komentar

Posting Komentar