Tanda-Tanda Salah Memilih Sepatu

Sepatu yang tidak benar-benar pas di kaki mungkin akan tetap terlihat baik atau cantik, namun pastinya sepatu tersebut tidak akan terasa nyaman. Karena itu, saat anda memutuskan untuk membeli sepasang sepatu baru, pastikan sepatu tersebut benar-benar pas dengan kaki anda.

Gaya Hidup 99 menggaris bawahi beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam rangka menemukan sepasang sepatu nyaman yang sesuai untuk anda, dan mengetahui dari tanda-tanda salah memilih sepatu berikut ini dapat membantu untuk menemukan yang pas dan membuat kaki anda nyaman.

cara memilih sepatu

Tips Memilih Sepatu Yang Tepat

Tidak Nyaman Untuk Jari-Jari Kaki
Sepatu yang anda beli seharusnya tidak boleh terasa sempit pada bagian jari-jari kaki anda. Kaki anda membutuhkan sedikit ruang gerak untuk membuatnya tetap nyaman, karena itu pilihlah sepatu yang memberikan sedikit ruang.

Tips memilih ukuran sepatu, pilih sepatu yang setidaknya mempunyai jarak ruang sekitar 1 cm antara ujung jari kaki terpanjang dengan ujung sepatu. Sebaliknya, sepatu yang anda beli juga tidak boleh terlalu besar sehingga mudah terlepas. Sepatu yang kebesaran akan membuat kaki menjadi cepat lelah. Anda harus mencoba terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membayar sepatu yang anda inginkan.


Keketatan Sepatu
Keketatan dari sepatu tidak hanya berlaku untuk panjang sepatu saja, namun lebar dari sepatu juga hal yang harus diperhatikan. Sepatu yang terlalu ketat hanya akan membuat kaki terasa sakit. Coba kenakan sepatu baru yang ingin anda beli tersebut pada ukuran kaki anda yang terbesar, jika anda mempunyai ukuran kaki yang berbeda antara kanan dan kiri.

Mempunyai ukuran kaki yang sedikit tidak sama antara kanan dan kiri adalah hal umum yang sangat wajar, tapi itu akan sangat mempengaruhi kenyamanan kaki anda. Tips lainnya, belilah sepatu saat sore atau malam hari, karena pada saat itu ukuran kaki anda cenderung akan lebih besar.

Lecet dan Iritasi Pada Kaki
Tanda yang sangat jelas dari tidak pasnya sepatu yang anda pakai adalah dengan terjadinya lecet atau munculnya iritasi seperti kemerahan, rasa nyeri, dan kram. Biasanya lecet disebabkan oleh gesekan, yang akan muncul ketika anda mengenakan sepatu yang masih baru dan kaku.

Namun itu bukanlah hal yang mutlak, karena beberapa sepatu memang ada yang mempunyai bentuk yang tidak sesuai dengan kaki anda. Jadi walaupun anda sudah memakainya cukup lama, sepatu tersebut tetap saja menimbulkan iritasi dan membuat lecet.

Menggunakan atau menambah sol sepatu bagian dalam dapat dijadikan sebagai solusi jika anda benar-benar menyukai model sepatu tersebut. Cobalah beberapa lama, jika masalah masih terjadi, maka sebaiknya jangan gunakan lagi sepatu tersebut.

Perubahan Kaki Seiring Waktu
Perlu diketahui bahwa ukuran dan bentuk kaki anda dapat berubah seiring berjalannya waktu. Jadi jangan heran jika sepasang sepatu tua yang dulunya terasa sangat pas dan nyaman ketika dikenakan, tidak terasa nyaman lagi ketika anda pakai saat ini.

Perhatikan tanda-tanda perubahan tersebut dan sesuaikan sepatu dengan kaki anda. Biasanya wanita yang sudah pernah melahirkan akan tampak jelas mengalami perubahan, hal ini karena adanya pelepasan hormon relaksin yang membuat ligamen pada kaki akan menyesuaikan. Peningkatan berat badan dan faktor genetik juga diketahui memiliki peranan dalam perubahan bentuk dan ukuran kaki.


Posting lainnya yang juga menarik untuk dibaca: