Bagaimana Cara Mengurangi Stres Pada Remaja?

Secara umum anak remaja memang memiliki tanggung jawab yang lebih sedikit ketimbang orang dewasa. Hal ini yang melandasi pemikiran bahwa kecil sekali kemungkinannya bagi remaja untuk mengalami stres.

Namun pada kenyataanya, seperti yang telah disampaikan dalam artikel "Mengenai Stres Pada Remaja", mereka dapat mengalami stres dari lingkungan keluarga, sekolah, kegiatan ekstra kulikuler, hingga akibat perubahan fisik selama masa pubertas.

Jika anda memiliki anak berusia remaja, atau anda sendiri adalah seorang remaja, berikut ini ada beberapa cara mengurangi stres pada remaja yang dapat anda ikuti atau terapkan.

cara mengurangi stres pada remaja

Langkah-Langkah Mengatasi Stres Remaja


Langkah 1

Lakukan olahraga setiap hari. Olahraga dapat menurunkan tingkat stres, membuat anda tidur lebih nyenyak, dan meningkatkan kesehatan tubuh secara umum. Cobalah bergabung dengan klub olahraga, atau dapat juga melakukan kegiatan olahraga bersama teman-teman secara rutin (bermain basket atau sepak bola), atau yang paling sederhana adalah dengan melakukan jogging.

Langkah 2

Perbanyak waktu tidur malam. Pastikan untuk mendapatkan waktu tidur malam setidaknya 7 sampai 8 jam sebelum bangun keesokan harinya. Jika ada sesuatu hal yang membuat anda menjadi kurang tidur dalam satu hari, maka balaslah kekurangan waktu tidur tersebut keesokan malamnya dan malam berikutnya.



Langkah 3

Bicarakan masalah stres anda atau yang menjadi sumber ketegangan anda dengan orang yang anda percaya atau sayangi. Ini bisa berarti orang tua, saudara, ataupun sahabat dekat anda. Bersikap terbuka dan berbagi dapat mengurangi beban. Selain itu, orang yang anda ajak untuk berbagi bisa jadi dapat memberikan solusi bagi anda untuk mengatasi masalah.

Langkah 4

Cobalah untuk mempraktekan teknik relaksasi bernafas. Ketika anda mengalami stres atau tegang, coba tutup mata anda, duduk dengan rileks, dan ambil beberapa tarikan nafas yang dalam. Lakukan hal ini secara perlahan dengan memfokuskan pernafasan pada diafragma (antara dada dan perut). Jika dilakukan dengan benar, anda pasti akan merasakan sedikit ketenangan setelahnya.

Langkah 5

Cara yang terakhir adalah dengan menumpahkan emosi anda. Beberapa pakar menyarankan untuk membiarkan diri anda menangis selama yang anda butuhkan. Cara lain untuk menumpahkan emosi adalah dengan menuliskan segala hal yang anda rasakan (cara ini digunakan oleh mantan presiden B.J Habibie untuk mengatasi stres beliau saat ditinggal oleh sang istri tercinta).

0 Komentar

Posting Komentar