Makanan Yang Harus Dikonsumsi Perenang

Seperti semua atlet lainnya, para perenang juga membutuhkan diet gizi seimbang dengan kandungan nutrisi yang dapat mendukung kegiatan mereka sehari-hari, baik saat latihan ataupun saat kompetisi.

Semua atlet membutuhkan bahan bakar yang cukup untuk menjaga tubuh mereka berfungsi dengan baik, dan bahan bakar tersebut juga harus berkualitas tinggi agar tubuh mereka dapat menampilkan performa yang terbaik.

Karena itu, membuat pilihan yang cerdas akan jenis-jenis makanan sehat adalah hal penting yang harus dilakukan oleh semua perenang untuk dapat memasok tubuh mereka dengan nutrisi yang dibutuhkan. Seperti halnya makanan sehat untuk olahragawan, makanan yang harus dikonsumsi perenang juga mempunyai beberapa kriteria tertentu.

makanan yang baik untuk perenang

Menu Makanan Bagi Perenang


Karbohidrat

Sebagian besar makanan yang dikonsumsi para perenang, yaitu antara 50% sampai 60% harus dalam bentuk karbohidrat kompleks, karena karbohidrat adalah yang paling efisien untuk digunakan oleh tubuh selama latihan. Yang direkomendasikan adalah biji-bijian utuh seperti sereal, beras merah, pasta gandum, dan roti gandum.

Biji-bijian utuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna, dan ini membuat anda merasa kenyang lebih lama. Sebisa mungkin untuk menghindari nasi putih, roti putih, dan makanan lainnya yang termasuk dalam karbohidrat putih. Jenis-jenis makanan tersebut dapat membuat gula darah naik dengan cepat dan akan sangat mempengaruhi performa.


Protein

Tubuh memerlukan protein untuk membangun dan memelihara jaringan otot serta menjaga kerja enzim dan hormon (lihat Enam Makanan Yang Menyehatkan Otot). Prosentase konsumsi protein yang disarankan untuk perenang adalah sekitar 20% sampai 25% dari total kalori yang dikonsumsi dalam 1 hari.

Perenang harus sebisa mungkin untuk memilih protein rendah lemak dan menghindari potongan daging yang penuh lemak, daging olahan, dan makanan cepat saji. Pilihan protein yang baik bagi perenang bisa didapatkan dari daging ayam, kalkun, telur, ikan, tahu-tempe, dan susu rendah lemak.

Lemak

Walaupun secara umum harus menghindari lemak, namun tubuh juga tetap memerlukan lemak sebagai sumber energi dan sarana bagi nutrisi-nutrisi lain untuk beredar di seluruh tubuh, begitupula untuk perenang.

Yang perlu diperhatikan adalah jumlah dan jenis lemaknya. Perenang hanya boleh mengkonsumsi lemak sekitar 15% sampai 20% dari total konsumsi kalori harian. Jenis lemak yang harus dihindari sebisa mungkin adalah lemak jenuh dan lemak trans (gorengan-gorengan).

Cairan

Air adalah hal penting yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dan renang termasuk olah raga yang dapat membuat tubuh dehidrasi dengan cepat, karena itu sangat penting untuk mengkonsumsi air sekitar 2,5 lt sampai 3,5 lt per-harinya.

Minuman bersoda dan jus tidak dianjurkan sama sekali. Anda boleh mengkonsumsi minuman olahraga (sports drinks) jika melakukan latihan lebih dari 1 jam, namun perhatikan label minuman tersebut untuk melihat kadar gula dan natriumnya. Pilih minuman olahraga yang rendah kandungan gula dan natrium.


Menu Makanan Perenang Saat Kompetisi


Saat mendekati hingga pada hari-H kompetisi, para perenang harus benar-benar menjaga asupan makanannya, khususnya untuk menu sarapan. Pilihan yang baik antara lain adalah oatmeal dengan buah atau telur, serta roti gandum yang dipanggang.

Jika harus terburu-buru, maka roti gandum yang diolesi selai kacang dapat dijadikan pilihan. Sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi daging panggang, sosis, donat, atau sereal manis sebelum pertandingan (lihat Makanan Sehat Bagi Pecinta Daging). Pilihlah makanan ringan (snack) yang sehat seperti buah, kacang, atau biskuit gandum untuk menjaga energi tubuh anda tetap prima.

0 Komentar

Posting Komentar