Pilihan Makanan Sehat Bagi Penderita Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah penyakit degeneratif tulang yang menyebabkan rasa sakit, menghambat mobilitas, dan peradangan pada sendi di seluruh tubuh. Selain dapat diatasi dengan meminum obat, Gaya Hidup 99 mendapatkan informasi bahwa pengobatan osteoarthritis juga bisa dibantu dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Makanan yang anda konsumsi bisa menjadi kunci utama untuk menurunkan, mengontrol, dan mencegah terjadinya radang sendi / rematik, sekaligus dapat meningkatkan kesehatan sendi di seluruh tubuh. Lakukan pola makan sehat yang seimbang dengan membatasi karbohidrat olahan, lemak jenuh, dan lemak trans.

Mengkonsumsi makanan yang rendah kalori dan tinggi nutrisi adalah cara yang paling mudah untuk meningkatkan kesehatan sendi anda. Lalu apa saja makanan sehat bagi penderita osteoarthritis tersebut?

makanan sehat bagi penderita radang sendi

Makanan Untuk Mengobati Osteoarthritis



Sayuran Hijau

Ada banyak jenis sayuran hijau yang diketahui dapat bermanfaat untuk mengatasi rasa sakit dan dikenal sebagai makanan anti rematik yang disarankan oleh para ahli. Karena tinggi akan kandungan antioksidan, sayuran hijau tidak hanya bermanfaat untuk mencegah rematik, namun juga akan mencegah gejala-gejala yang muncul seperti rasa sakit dan pembengkakan.

Cara kerjanya adalah dengan menetralisir radikal bebas berbahaya yang mempercepat proses penuaan dan menyebabkan kerusakan pada sendi. Anda dapat memilih untuk mengkonsumsi berbagai sayuran hijau mulai dari bayam, lobak hijau, sawi, hingga daun bawang karena semuanya bisa bermanfaat.

Biji-Bijian

Mengkonsumsi biji-bijian juga dapat memberikan kontribusi yang besar untuk mencegah osteoarthritis. Selain mengandung berbagai nutirisi penting, biji-bijian juga cukup tinggi akan kandungan serat yang dapat membuat anda menjaga berat badan.

Berdasarkan pernyataan dari Arthritis Foundation, obesitas dikatakan dapat meningkatkan peradangan pada tubuh. Menjaga berat badan tetap seimbang tidak hanya bermanfaat untuk memperkecil resiko terkena diabetes dan penyakit jantung, namun juga akan menurunkan gejala osteoarthritis.

Makanan yang paling direkomendasikan adalah beras merah, tapi makanan lain seperti oat, quinoa, dan gandum utuh (bukan tepung) juga termasuk yang disarankan.


Lemak Ikan

Lemak ikan kaya akan kandungan asam lemak omega-3, yaitu sesuatu yang perlu untuk dikonsumsi bagi anda penderita osteoarthritis. Asam lemak omega-3 mengandung sejumlah besar lemak tak jenuh ganda, yaitu jenis lemak tak jenuh yang dapat melawan serta menetralisir radikal bebas.

Menurut seorang ahli gizi bernama Joy Bauer, menambahkan lebih banyak lemak ikan pada makanan anda dapat membantu mengurangi kekakuan sendi, menekan erosi pada tulang rawan, serta mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Lemak ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 ini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi ikan tuna, salmon, makarel, hering, sarden, dan tiram.

Buah Berry

Aneka buah berry terkenal akan kandungan antioksidan dan vitamin C tinggi yang sangat bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sendi. Buah berry yang berwarna cerah juga menunjukkan tingginya kandungan betakaroten, yaitu bentuk lain dari vitamin A. Semakin menyala warnanya, maka semakin tinggi pula kandungan betakarotennya.

Manfaat lainnya, buah berry juga diketahui mengandung sejumlah quercetin, yaitu zat yang berfungsi sebagai agen anti-inflamasi (peradangan). Semua keluarga buah berry seperti cranberry, stroberry, blueberry, dan elderberry adalah pilihan baik bagi anda penderita osteoarthritis.

1 Komentar:

  1. owh, satu info yang bagus. kita perlu mengambil makanan yang berkalsium agar ia menguatkan lagi tulang kita. masalah ini sering dihadapi oleh orang yang telah berumur. shaklee ada supplement untuk mengurangkan masalah ini

    BalasHapus